The 7 Big Mistakes When Hiring ( recuiting ) ( 15 Okt 2020 ) / Mengejar Last Quarter Sales Target & 5 Langkah Praktis Mengejar Ketinggalan  ( 13 Okt 2020 ) 


Mengembangkan Family Business Di Era Digital


Seminar Title
Mengembangkan Family Business Di Era Digital

Date
Monday, 30-11-2020 until Tuesday, 01-12-2020
Time : 09:00 - 16:00

Venue
Di Tentukan Kemudian
Di Tentukan Kemudian

Fee
Rp. 3.500.000

Speaker
Team Freddway International Learning

Contact
BursaTraining.com (penyelenggara info seminar online)
Phone : 021-652.2568, 021-652.2569, 021-6530.5849, 021-651.8961
Fax : 021-651.8961
Email: freddwaylearning85@gmail.com

 

Dua tantangan utama yang dihadapi bisnis keluarga adalah fenomena technology disruption dan kurangnya profesionalitas dalam bisnis & keluarga. Disruption itu sendiri, sejatinya bukan hanya mengubah cara berbisnis, melainkan juga fundamental bisnisnya.

 

Pengaruh disruption terjadi mulai dari struktur biaya, cara pengelolaan sampai ke budaya kerja, dan bahkan business model. Misalnya yang paling sederhana, disruption terjadi akibat perubahan cara-cara berbisnis yang dulunya sangat menekankan owning (kepemilikan) menjadi sharing (saling berbagi peran, kolaborasi resources).

 

Survei menunjukkan bahwa hampir sepertiga dari generasi berikutnya menganggap bisnis keluarga lebih lambat daripada jenis model bisnis lain untuk mengikuti perkembangan teknologi. Ditemukan bahwa 40 persen peserta frustrasi mencoba untuk meyakinkan generasi pendahulunya saat ini bahwa bisnis perlu melakukan lebih banyak hal dalam ruang digital, misalnya iklan secara online.

Ini bisa menjelaskan mengapa hanya 41 persen dari generasi berikutnya berpikir bisnis mereka memiliki strategi yang cocok untuk dunia digital, yang berarti 59 persen tidak.

 

Tantangan-tantangan lain yang akan dihadapi family business di era disruptive ini adalah :

1. Visi yang tak selaras

Masalah ini terutama dialami oleh bisnis keluarga yang sudah mulai lintas generasi. Latar belakang usia dan pendidikan yang berbeda membuat founder dan penerusnya memiliki ambisi yang berbeda pula. Hal ini sering terbentur ketika berkaitan dengan perubahan tehnology dimana generasi pendahulu lebih konservatif ketimbang generasi muda. Jika perbedaan ini tidak segera diselesaikan, perusahaan yang akan kena imbasnya.

2. Sulit memisahkan emosi dari pekerjaan

Sulit sekali memisahkan emosi dari pekerjaan saat Anda mencurahkan seluruh energi dan waktu membesarkan bisnis Anda. Sulitnya mengendalikan perasaan ini akan lebih terasa saat Anda harus bekerja dengan anggota keluarga sendiri.

3. Nepotisme

Masalah timbul saat founder mengistimewakan anggota keluarga. Bisa jadi si anggota keluarga diberi bonus berlebih atau tidak mendapatkan sanksi yang sama dengan karyawan lain. Sikap pilih kasih ini akan menciptakan culture yang buruk dalam perusahaan. Karyawan pun akan ogah-ogahan bekerja karena merasa tidak dihargai.

4. Pembagian tanggung jawab tidak jelas

Dalam bisnis keluarga, biasanya seluruh anggota cenderung dilibatkan dalam perusahaan. Yang harus dikhawatirkan adalah apabila pembagian pekerjaan tidak jelas sehingga timbul overlap tanggung jawab. Jika dibiarkan terus menerus, kondisi ini nantinya akan menimbulkan konflik kekuasaan.

5. Tidak ada rencana peralihan generasi

Salah satu hal yang terkadang dilupakan oleh para family business owner adalah menyiapkan rencana yang matang untuk pergantian pimpinan. Apa yang harus dilakukan jika ada lebih dari satu calon pengganti yang layak? Dan sebaliknya, apa yang harus dilakukan jika tidak ada yang mau meneruskan bisnis keluarga? Beberapa pertanyaan inilah yang harus dijawab sebelum masa transisi tiba.

 

Seminar ini akan membuka wawasan para family business owner tentang berbagai hal perubahan dunia bisnis dijaman sekarang dan apa saja yang perlu disesuaikan bila tetap mau alami sustainable growth dalam bisnis

 

Apa Yang Akan Dibahas?

 

1. Profil dunia bisnis di Indonesia pada era revolusi industry 4.0

2. Tantangan apa saja yang akan mengancam kelangsungan family business ( bila tidak dilakukan penyesuaian )

3. Hal-hal apa saja yang akan disruptive terhadap business Anda akibat perkembangan tehnologi yang luar biasa ?

4. Perubahan fundamental apa saja yang perlu family business lakukan untuk bisa mengalami sustainable growth ?

5. Bagaimana kiat praktis mempersiapakan sukses kepada generasi selanjutnya? Apa saja gap generation yang akan muncul?

6. Bagaimana cara generasi pendahulu ( business founder )  berinteraksi dengan generasi Y & generasi Z yang memiliki karakteristik yang sangat berbeda?  

Siapa Yang Diharapkan Hadir ?  Business Owner &  Anggota Keluarga Business Owner

 

Durasi Seminar : 12 jam

Metode Seminar :

· Sharing Knowledge

· Studi Kasus

· Tanya Jawab

· Berbagai Video Clip

 

Atmosfir Seminar :

· Learn & Entertaining

· Fun & Exciting

· Music

· Video Clip & Film